PUTR Majalengka Gelar Sertifikasi Tenaga Terampil Kontruksi Kerjasama Kementerian PUPR RI

PUTR Majalengka Gelar Sertifikasi Tenaga Terampil Kontruksi Kerjasama Kementerian PUPR RI

   Majalengka,G.- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Majalengka menggelar acara sertifikasi tenaga terampil kontruksi dengan mobile unit dari Kementerian PUPR RI tahun anggaran 2021 yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas PUTR, Rabu (22/9/21). Dalam sambutannya Kepala Dinas PUTR Kabupaten Majalengka H. Agus Tamim mengatakan bahwa berdasarkan pasal 70 ayat 1 dan 2

  

Majalengka,G.-

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Majalengka menggelar acara sertifikasi tenaga terampil kontruksi dengan mobile unit dari Kementerian PUPR RI tahun anggaran 2021 yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas PUTR, Rabu (22/9/21).

Dalam sambutannya Kepala Dinas PUTR Kabupaten Majalengka H. Agus Tamim mengatakan bahwa berdasarkan pasal 70 ayat 1 dan 2 UU No. 2 tahun 2017 yang menerangkan bahwa setiap tenaga kerja kontruksi yang bekerja di bidang jasa kontruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja. Setiap pengguna jasa dan atau penyedia jasa wajib memperkerjakan tenaga kerja kontruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja. Serta terkait dengan kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota sub urusan jasa kontruksi yang tercantum dalam pasal 8 dimana :kewenangan pemerintah daetah kabupaten/kota sib urusan jasa kontruksi yang meliputi penyelenggaraan tenaga terampil kontruksi penyelenggaraan sistem informasi jasa kontruksi cakupan daerah kabupaten/kota penerbitan perizinan berusaha kualifikasi kecil, menengah dan besar dan pengawasan tertib usaha tertib penyelenggaran dan tertib pemanfaatan jasa kontruksi.

Masih kata dia, dilatarbelakangi adanya regulasi dan kondisi kekurangan tenaga kerja kontruksi bersertifikat tersebut serta keinginan untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja kontruksi bersertifikat di Kabupaten Majalengka perlu dilaksanakan fasilitasi sertifikasi tenaga terampil kontruksi tahun 2021 di Dinas PUTR Kabupaten Majalengka.melalui bidang bina kontruksi yang baru terbentuk sejak Januari tahun 2021 lalu.

Ditambahkannya, pelatihan tenaga terampil kontruksi ini sudah dilaksanakan pada tahun 2018 sebanyak 47 peserta pelatihan tukang batu dan bata, pada tahun 2019 sebanyak 50 peserta pelatihan tukang batu dan bata, dan tahun 2020 tidak dilaksanakan kegiatan pelatihan karena adanya recoufusing anggaran karena pandemi covid 19. Dan saat ini tahun 2021 dilaksanakan pelatihan tenaga terampil kontruksi sebanyak 50 peserta.

Di tempat yang sama, kepala Bidang Bina Kontruksi Agung Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan sertifikasi tenaga terampil kontruksi ini dilaksanakan kerjasama Dinas PUTR Kabupaten Majalengka dengan Balai Jasa Kontruksi wilayah III Jakarta Kementerian PUPR RI selama dua hari yakni hari Rabu dan Kamis tanggal 22-23 September tahun 2021. (Eka)

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos