Lima Tahun Menunggu, Akhirnya Warga Dukuh Karangmangu Miliki Jembatan

Lima Tahun Menunggu, Akhirnya Warga Dukuh Karangmangu Miliki Jembatan

Brebes,G.- Setelah lima tahun menunggu, akhirnya Warga Pedukuhan Karangmangu menikmati jembatan Kali Kabuyutan Desa Pengaradan Kecamatan Tanjung, Brebes. Jembatan tersebut dibangun sejak 2017 melalui 4 tahapan kontrak hingga selesai di tahun 2021 dan diresmikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Kamis (13/1). Sebelumnya, warga pedukuhan tersebut harus melewati jembatan bambu yang melintang diatas Sungai


Brebes,G.-
Setelah lima tahun menunggu, akhirnya Warga Pedukuhan Karangmangu menikmati jembatan Kali Kabuyutan Desa Pengaradan Kecamatan Tanjung, Brebes. Jembatan tersebut dibangun sejak 2017 melalui 4 tahapan kontrak hingga selesai di tahun 2021 dan diresmikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Kamis (13/1).

Sebelumnya, warga pedukuhan tersebut harus melewati jembatan bambu yang melintang diatas Sungai Kabuyutan yang sangat membahayakan keselamatan jiwa. Maka dari itu, Bupati berharap jembatan yang sudah diresmikan bisa bermanfaat dan menambah semangat masyarakat dalam beraktivitas sebagai upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Masyarakat diharap turut merawat, menjaganya dengan tidak membawa muatan melebihi tonase. Sehingga jembatan yang dibangun dengan perjuangan panjang bisa awet dan kebermanfaatannya maksimal.

Anggota DPRD Brebes Waidin ST MM atas nama masyarakat mengaku senang, karena jembatan yang telah diidamkan warga selama ini akhirnya bisa terwujud. Waidin berharap jembatan tersebut bisa membawa manfaat dan memperlancar akses perekonomian masyarakat.

Kepala DPU Kabupaten Brebes Sutaryono menjelaskan, Jembatan Kali Kabuyutan yang menghubungkan Dukuh Karangmangu dan Desa Pengaradan membentang sepanjang 96 meter dengan lebar 3,5 meter. Jembatan tersebut menelan dana sebesar Rp 6,2 miliar.

Kata Taryono, lamanya pembangunan jembatan karena dianggarkan secara bertahap. Tahun 2017 dianggarkan sebesar Rp 1,7 milyar, tahun 2019 sebesar Rp 3 milyar, tahun 2021 sebesar Rp 1,5 milyar dari anggaran murni dan perubahan.

Peresmian jembatan Kali Kabuyutan Desa Pengaradan juga diisi vaksinasi masyarakat, sebagai upaya percepatan capaian 70 persen vaksinasi di Kabupaten Brebes.

Tampak hadir mengikuti peresmian, Ketua Dekranasda Kabupaten Brebes AKBP Dr H Warsidin MH, anggota DPRD Kabupaten Brebes Waidin, Khajirin dan Tobidin, Ketua Baznas H Abdul Haris, para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, Plt Camat Tanjung dan Kepala Desa Pengaradan, dan tamu undangan lainnya.
(Endi/ Yaser Arafat/Wasdiun)

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos