Kecamatan Tengahtani Sertijab, Camat Suharto: Tantangan Berat Guyubkan Kuwu

Kecamatan Tengahtani Sertijab, Camat Suharto: Tantangan Berat  Guyubkan Kuwu

Cirebon Kabupaten,G.- Tengahtani merupakan wilayah Kecamatan yang sebelumnya merupakan pemekaran dari kecamatan Cirebon Barat. Dalam perkembangannya KecamatanTengahtani merupakan wilayah penopang batas antara Kota dan Kabupaten Cirebon. SDM wilayah Kecamatan ini menurut sumber termasuk diatas rata-rata jika dilihat dari kemajuan serta dinamika ekonomi masyarakat. Hal ini tampak pada produk yang dihasilkan masyarakat Tengahtani. Dari Kuliner yang

Cirebon Kabupaten,G.-
Tengahtani merupakan wilayah Kecamatan yang sebelumnya merupakan pemekaran dari kecamatan Cirebon Barat. Dalam perkembangannya KecamatanTengahtani merupakan wilayah penopang batas antara Kota dan Kabupaten Cirebon.
SDM wilayah Kecamatan ini menurut sumber termasuk diatas rata-rata jika dilihat dari kemajuan serta dinamika ekonomi masyarakat. Hal ini tampak pada produk yang dihasilkan masyarakat Tengahtani. Dari Kuliner yang terkenal se Nusantara, batik, rotan dan kayu maupun kerajinan kerang yang ekspor ke mancanagara.


Kemajuan wilayah Kecamatan ini akan semakin cepat jika didukung dan diarahkan lebih baik oleh para pemangku kebijakan.
Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Tengahtani dari H.Suharto,ST.,M.Si kepada Hardomo,AP.,MM merupakan salahsatu bentuk rotasi dikalangan pimpinan Kecamatan, yang itu dilakukan selain penyegaran juga tantangan berikutnya untuk lebih bisa memajukan lagi wilayah ini.


Hal ini seperti disampaikan dalam wawancaranya Camat Suharto kepada media Gelombang. “ Pada intinya suasana yang kekeluargaan dan kondusif bisa tetep ditingkatkan dijaga dengan camat yang baru ini. Bisa memberikan ketenangan, percepatan dalam pembangunan, terutama pada pilihannya perekonomian di Tengahtani. Mudah- mudahan semangat baru dengan orang baru, insya Allah saya yakin bisa, Camat yang baru ini memberikan warna baru, memberikan kesejahteraan, pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Tengahtani.” Tutur Camat Suharto, yang pernah menjabat di Dinas Cipta Karya Kabupaten Cirebon ini.


Camat Suharto selama menjadi Pimpinan Pemerintahan di Wilayah Kecamatan Tengahtani selama 2 tahun terakhir ini, dan Selama 2 tahun itu pula telah bergelut untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dengan kekompakan semua pihak. Menurutnya hampir lebih dari 90 prosen warga kecamatan Tengahtani sudah mendapatkan vaksin untuk herd immunity.


“ Tantangan yang berat sebenarnya bagaimana bisa mengguyubkan Kuwu. Kita harus ekstra bagaimana caranya merangkul mereka. Nah ini tentunya PR, ..termasuk dengan UPT, yang datangkan hanya Puskesmas sedangkan UPT yang lainkan… Nah ini perlu juga diperhatikan. “ Pungkas Camat Suharto, mengingatkan bahwa pembangunan wilayah Kecamatan Tengahtani perlu melibatkan seluruh Stakeholder yang ada.


Sementara itu ditempat yang sama di ruang berbeda usai acara Sertijab, Camat Hardomo yang baru dilantik untuk menjabat sebagai pimpinan Pemerintahan wilayah Kecamatan Tengahtani kepada media Gelora Masyarakat Membangun (Gelombang) menyampaikan. “ Pertama saya memperkenalkan diri sebagai pejabat yang baru, kedua untuk bisa diterima melaksanakan tugas di Kecamatan Tengahtani dan ke tiga untuk mendapatkan dukungan dalam artian tidak akan ada kesuksesan tanpa dukungan dari semua komponen yang ada. Harapan kami mari kita mensinergikan kerjasama yang baik dalam melaksanakan tugas masing- masing demi pelayanan kepada masyarakat Tengahtani.” Tutur Camat Hardomo yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Plered.


Selain menyampaikan bahwa setiap elemen masyarakat jika bisa bersinergi maka hasil baiknya akan dinikmati oleh masyarakat, Camat Hardomo juga mengatakan berkaitan dengan tugasnya bahwa dalam waktu yang dekat segera akan diadakan rapat koordinasi tingkat Kecamatan yang melibatkan Muspika,UPT dan Desa.


“Sebagai Camat baru, saya berharap bisa menjalankan tugas dengan baik disini, bisa berkoordinasi dan berkomunikasi yang baik dengan Muspika, UPTdan Desa. Tentunya untuk bisa melanjutkan program yang sudah dilaksanakan maupun yang belum dan siap melaksanakan program kegiatan-kegiatan di tahun ini.” Pungkas Hardomo.


Acara Sertijab Camat Tengahtani, berlangsung Hari Rabu (5/1/2022) jam 14.00 s/d selesai,di ruang rapat Kantor Kecamatan Tengahtani Jl.Pahlawan, Desa Dawuan. Dihadiri oleh perwakilan dari Polsek Kedawung, Koramil Tengahtani, UPT Puskesmas Tengahtani, Pegawai Kecamatan Tengahtani, Seluruh Kuwu (Kepala Desa) se Kecamatan Tengahtani, beberapa awak media beserta tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Gesik Ade Suara, mewakili Ketua Forum Kuwu Kecamatan Tengahtani menyampaikan sepatah, dua patah kata untuk memperkenalkan masing masing rekannya yang memimpin tiap desa di Kecamatan Tengahtani.

Acara diakhiri dengan doa, dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari Forum Kuwu Kecamatan Tengahtani kepada Cama Suharto dan Sekmat Yuyu yang akan bertugas di Kecamatan lain.
(Endi)

Posts Carousel

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos